Rabu, 24 November 2010

EKSPERIMENT FOTO INFRA RED ( IR ) DENGAN SOFTWARE


[Revisi] 
Belakangan muncul trend baru menyajikan keindahan foto dalam format IR. Pada era Analog foto IR hanya dapat disajikan dalam foto BW ( hitam putih ) dengan menggunakan jenis film IR khusus yang hanya diedarkan secara terbatas untuk para hobbyist dan fotografer professional. Sedangkan untuk mendapatkan tampilan foto dengan nuansa warna yang berbeda dari warna natural dalam format berwarna dilakukan melalui teknik cross processing, yaitu proses  pengembangan film dengan menggunkan pengembang secara silang dimana untuk film negative warna diproses menggunakan pengembang film positif warna ( slide ) atau sebaliknya. Teknik lain yang lebih  praktis bisa dilakukan dengan menggunakan film warna yang telah lama melewati masa daluwarsa…..film yang secara normal telah masuk kategori film rusak. Namun kedua teknik tadi tidak menghasilkan gambar IR yang sesungguhnya dan hasilnya tidak seindah foto IR yang sebenarnya.

 Diera digital foto IR bisa diambil dengan menggunakan kamera Digital yang telah menjalani modifikasi pada sensor gambarnya, atau biasanya kalangan fotografer menyebutnya dengan istilah “dioprek”. Kamera yang telah dioprek tentu saja sudah tidak bisa digunakan untuk merekan gambar dalam warna yang normal. Ada banyak jenis oprekan untuk foto IR ini yang memang bagi penggemar seni fotografi diakui mampu merekam gambar dengan corak warna yang indah dan wah. Namun demikian untuk menghasilkan foto IR yang bagus tidak hanya dibutuhkan penguasaan teknik fotografi tapi juga diperlukan alat yang cukup mahal.

 Pada tulisan ini saya mencoba berbagi teknk pembuatan foto IR dengan software. Jadi foto ini sepenuhnya diambil secara normal dengan kamera normal dan tehnik pengambilan yang normal normal saja. Efek IR pada foto contok 100% dihasilkan dengan software. Dan pastinya murah meriaaah……..
Foto foto contoh diambil dengan menggunakan kamera Cannon 450D dan Nikon D45, sedangkan software yang diterlukan adalah :
1.       Photoshop All Version
2.       Nik Color Efect Pro 3
3.       Filter Xero Bad Dream ( Plug-in)
4.       Filter Virtual Photografer ( Plug-In)
5.       Swap channel Action
6.       Daya Imajinasi, kreativitas dan kesabaran



Tentu saja tidak semua foto dapat diolah teknik yang sama, dan tentu
saja hukum yang berlaku disini adalah hasil yang tidak bisa diprediksi.
Untuk menghasilkan foto diatas teknik yang saya gunakan adalah teknik Layering ,Masking dan blending. Jadi buat yang belum menguasai Layering ,Masking dan blending baiknya belajar dulu teknik teknik tadi.
SELAMAT MENCOBA DAN BEREKSPERIMENT

3 komentar:

Mujaher Shared Code mengatakan...

Mantap Gan,,
Siap Sedot Ilmunya... :p

MultiPlay Production mengatakan...

SIppppp Bgt Mas,,,!!!
jd nmbah ilmu bnyakk,,!!1

Unknown mengatakan...

siipp..trik dan ilmu yg patut d coba..plugin y dong mas pri....

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review